Pengabdian Masyarakat Dosen PSDKU UB Kediri, Biosaka dan Budidaya Maggot

Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Brawijaya Kediri (PSDKU UB Kediri) telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat kecamatan Mojo Kabupaten Kediri melalui pelatihan Biosaka dan Budidaya Maggot.

Tim yang terdiri dari Dr. Rita Parmawati, S.P., M.E., Wuwun Risvita S.P., M.P., Anif Mukaromahwati, S.Pt., M.Pt., M.Sc dan Hanum Muarifah, S.Pt., M.Sc berkolaborasi dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan Mojo menyelenggarakan acara pengmas di Balai Desa Mojo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/7/2023).

Anif Dosen Fakultas Peternakan PSDKU UB Kediri sebagai ketua pengmas mengatakan bahwa kegiatan pengmas ini merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi selain mengajar dan penelitian. Anif juga berharap kegiatan pengabdian ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya KWT kecamatan Mojo untuk lebih mengetahui manfaat maggot dan membuat pupuk alami biosaka.

”Maggot ini adalah larva yang berasal dari telur lalat Black Soldier Flies (BSF), kalau sudah menjadi maggot manfaatnya bisa untuk pakan ternak dan pupuk tanaman”ungkap Rita Parmawati salah satu anggota tim pengmas.

Biosaka merupakan larutan ekstrak tumbuhan yang bertindak sebagai elisitor untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Biosaka dapat dibuat sendiri dengan cara meremas sebanyak satu genggam tangan minimal 5 jenis rumput/tanaman liar dan air lima liter. Selanjutnya diremas kurang lebih 15-20 menit kemudian disaring dengan kain dan dimasukkan dalam botol. Lebih baik segera digunakan atau dapat disimpan kurang lebih 1-2 hari. Pengaplikasiannya dengan cara disemprotkan ke tanaman. Wuwun Risvita dosen pertanian PSDKU UB Kediri menjelaskan bahwa biosaka ini bisa menjadi pengganti pupuk kimia jadi kalau menggunakannya berkali-kali tidak beresiko.

PENGUMUMAN