Prodi Sosial Ekonomi Perikanan Jalin Kerja Sama Dengan Fakulti Ekonomi dan Kepengurusan Universiti Kebangsaan Malaysia Melalui Program Dokar 2023

Universitas Brawijaya (UB) berkomitmen dalam peningkatan mutu dan pencapaian visi dan misi untuk menjadi perguruan tinggi pelopor dan pembaharu dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Selaras dengan hal tersebut, terdapat Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi sebagai implementasi penjaminan mutu di Institusi dan pengukur keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis operasional, salah satunya IKU 6 yaiu Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia. Guna mewujudkannya, UB memberikan kesempatan dan stimulus kepada Program Studi (PS) untuk bekerja sama dengan mitra internasional melalui Program Dosen Berkarya (DOKAR).

 

Tim DOKAR PS S-1 Sosial Ekonomi Perikanan (SEP) (Kampus Kediri) mendukung kegiatan tersebut dengan melakukan kerjasama dengan Fakulti Ekonomi dan Kepengurusan, Universiti Kebangsaan Malaysia (FEP UKM) pada Tanggal 20 Oktober 2023. Tim DOKAR tersebut terdiri dari Prof. Dr. Ir. Pudji Purwanti, MP (Ketua) dan 5 (lima) dosen anggota antara lain Dr. Ir. Anthon Efani, MS, Asyifa Anandya, S.Pi., M.Sc., Dwi Sofiati, S.Pi., M.Si., Mentari Puspa Wardani, S.Pi., M.Si., dan Supriyadi, S.Pi., MP.

Skema kegiatan DOKAR yang dilakukan oleh Tim DOKAR PS SEP yaitu bekerja sama dengan Perguruan Tinggi internasional peringkat QS 1-300. “FEP UKM dipilih sebagai mitra Perguruan Tinggi internasional karena berada di peringkat 200 teratas berdasarkan QS World University Rankings”, ujar Prof. Dr. Ir. Pudji Purwanti, MP. Beliau menambahkan, kerjasama dengan FEP UKM ini menjadi salah satu upaya PS dalam menghadapi tantangan kompleks Perguruan Tinggi untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Kegiatan DOKAR PS SEP yang didanai oleh UB pada Tahun 2023 ini meliputi Peyusunan Kurikulum Bersama dan Research Fellowship. Untuk Penyusunan Kurikulum Bersama, PS berdiskusi dengan pihak FEP UKM yang dihadiri oleh Muhammad Hakimi Mohd Shafiai selaku Wakil Dekan bidang Jaringan Industri dan Masyarakat bertempat di FEP UKM, Malaysia. Diskusi yang dilakukan berkaitan dengan proses pembelajaran, penyusunan profil lulusan mahasiswa, serta memetakan mata kuliah yang ada di FEP UKM, khususnya di bidang ekonomi, manajemen, dan pemasaran.

 

Sementara kegiatan Research Fellowship dilakukan dengan melibatkan dosen FEP UKM, yaitu Siti Ngayesah Ab. Hamid, dengan melakukan penelitian bersama dan penyusunan artikel yang kemudian disubmit dalam jurnal internasional bereputasi dengan peringkat Scopus Q1/Q2. Artikel yang telah disubmit selanjutnya menjadi luaran yang menunjukkan kualitas dan dampak penelitian yang dilakukan serta kontribusi para penulis dalam mengembangkan literature riset untuk topik yang diangkat, yaitu pemasaran ekowisata. Topik penelitian tersebut dipilih sesuai dengan bidang para penulis yang beragam, sehingga masing-masing anggota berkontribusi sesuai bidang yang dimiliki.

 

Kolaborasi yang dilakukan melalui program DOKAR ini diharapkan menjadi pintu gerbang PS SEP dan FEP UKM dalam menjalin kerjasama lainnya, seperti student exchange, summer school, visiting lecturer, serta jenis kolaborasi lainnya.

PENGUMUMAN